LOKAKARYA KURIKULUM JURUSAN FISIKA

Rangkaian Kegiatan Lokakarya Kurikulum Jurusan Fisika

Tema: EVALUASI KURIKULUM DALAM RANGKA PENYUSUNAN KURIKULUM BARU BERBASI OUTCOME-BASED EDUCATION (OBE) DAN MERDEKA BELAJARA KAMPUS MERDEKA (MBKM) UNTUK MENDUKUNG IBU KOTA NEGARA (IKN)

Ditulis oleh: Rahmawati Munir dan Erlinda Ratnasari Puteri

A. Latar Belakang
Saat ini, Indonesia aktif bersaing di jajaran dunia. Setelah melalui tahapan persaingan di ASEAN, maka sekarang dan di masa depan, Indonesia harus berani menghadapi persaingan di bidang apapun. Hal ini tidak dapat dihindari. Salah satu cara untuk menghadapi globalisasi ini adalah dengan mempersiapkan sumber daya manusia, perangkat, dan strategi yang baik dan tepat.

Kegiatan Lokakarya Kurikulum bukanlah suatu kegiatan parsial dan dilakukan karena terpaksa. Namun, kegiatan ini adalah kegiatan integral dalam manajemen pendidikan tinggi di Indonesia. Kurikulum bersama dengan entitas lainnya merupakan satu kesatuan utuh yang tidak dapat dipisahkan dengan elemen lainnya. Lokakarya Kurikulum dilakukan untuk menyempurnakan kurikulum agar mencapai lulusan berkualifikasi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Seiring dengan perkembangan zaman, dimana kurikulum harus didesain untuk mampu beradaptasi yaitu berbasis Outcome-Based Education (OBE) serta mampu menimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kurikulum yang baik seharusnya dapat mengantarkan alumni memasuki dunia kerja, baik bekerja pada perusahaan, institusi, melanjutkan Pendidikan ke jenjang lebih tinggi, bahkan mengembangkan usaha sendiri. Oleh karena itu, Lokakarya Kurikulum Jurusan Fisika 2022 (Program Studi Fisika dan Program Studi Geofisika) harus dilaksanakan untuk menjamin manajemen pendidikan tinggi yang berkualitas dan mengikuti kebutuhan pasar. Secara implisit, Lokakarya Kurikulum mengandung makna bahwa perguruan tinggi sebagai tempat masyarakat memercayakan anak-anak mereka untuk dididik menjadi sarjana yang sujana.

B. Tujuan
Lokakarya Kurikulum Jurusan Fisika 2021 bertujuan untuk mengantisipasi perkembangan teknologi informasi yang memengaruhi kebutuhan pasar terhadap Sarjana Fisika dan Sarjana Geofisika. Oleh karena itu, Jurusan Fisika FMIPA Universitas
Mulawarman selaku Lembaga Pendidikan harus melakukan perubahan untuk mengantisipasi hal tersebut dengan :
1. Mengevaluasi kurikulum dan menyusun kurikulum yang berbasis OBE
2. Mendesain kurikulum baru dengan mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

C. Waktu dan Tempat
Lokakarya Kurikulum Jurusan Fisika diselenggarakan selama dua hari yaitu pada tanggal 21-22 Juni 2022 secara hybrid, yaitu bertempat di Gedung Science Learning Center (SLC) dan secara virtual melalui aplikasi Zoom.

D. Peserta
Peserta terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, narasumber, stakeholder, dan alumni Program Studi Fisika FMIPA Universitas Mulawarman.

E. Pelaksana
Lokakarya Kurikulum Program Studi Fisika dan Program Studi Geofisika ini dilaksanakan oleh Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, Samarinda.

F. Narasumber
Pembicara pada lokakarya ini adalah Drs. Pepen Arifin, Ph.D selaku Fasilitator OBE dan Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, Dosen Departemen Fisika Institut Teknologi Bandung

BERITA ACARA LOKAKARYA KURIKULUM

Hari Pertama, 21 Juni 2022

Pada hari ini, Selasa tanggal 21 Juni 2022 pukul 07.30-16.00 WITA telah dilaksanakan kegiatan lokakarya yang meliputi:

Kegiatan lokakarya diawali dengan sesi pembukaan yang meliputi:
1. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Unmul, Mars FMIPA

2. Laporan Ketua Panitia: Ibu Erlinda Ratnasari Putri, M.Si.

3. Sambutan Ketua Jurusan Fisika: Bapak Dr. Djayus, MT

4. Sambutan Dekan Fakultas MIPA Unmul sekaligus membuka acara dengan resmi: Bapak Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si.

5. Doa

Selanjutnya, Pemaparan stakeholder, alumni dan diskusi dengan format talkshow secara hybrid dengan menghadirkan Petrus A.D Lazar, M.Si.;Muhammad Kahfi, S.Si.; Vita Septiana, S.Si.dan Donny Fahrochi, S.Si. Selain itu beberapa praktisi lainnya juga memberikan masukan-masukan baik yang hadir secara online maupun secara offline.

Koordinator Program Studi Fisika memaparkan  Profil Lulusan Prodi, Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), Nama Mata Kuliah dan Bobot SKS, Mata Kuliah Prasyarat dan Bahan Kajian

  • Diskusi Paralel secara hybrid setiap Kelompok Bidang Keahlian (KBK) dengan melibatkan stackholder:
  • KBK Geofisika dan KBK Oseanografi di Theater Room SLC
  • KBK Teori dan Material dan KBK Elektronika dan Instrumentasi di ruang B211 lantai 2 SLC
  • KBK Fisika Medis di ruang B205 lantai 2 SLC

Penyampaian target lulusan yang diinginkan oleh alumni dan stakeholder dan diskusi secara paralel (Stakeholder Fisika Teori dan Material, Fisika Medis, Elektronika dan Fisika Instrumentasi, Geofisika, dan Oseanografi)

Perumusan Kurikulum Program Studi S1 Fisika berbasis Outcome-Based Education (OBE) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).