Webinar Program Studi Fisika Series 01

Webinar Fisika Series 01:

Kiat-kiat Tembus Jurnal Internasional Terindeks SCOPUS

Ditulis oleh: Erlinda Ratnasari Putri

 

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Selamat pagi. Salam sejahtera untuk kita semua…

Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman telah berhasil mengadakan Webinar Fisika Series 01 tahun 2022. Webinar ini mengambil tema publikasi internasional terindeks SCOPUS untuk meningkatkan budaya penelitian kepada mahasiswa, dosen dan peneliti. Khusus bagi dosen, publikasi ilmiah sangat diperlukan untuk memenuhi Tridarma Perguruan Tinggi setiap semester. Publikasi sendiri terdiri dari beberapa tingkatan. Tingkatan tertinggi adalah publikasi internasional terindeks SCOPUS pada rentang Q1 hingga Q4. Namun, belum banyak dosen di Fisika FMIPA Universitas Mulawarman yang pernah mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal internasional terindeks SCOPUS.

Oleh karena itu, Program Studi Fisika FMIPA Universitas Mulawarman menyelenggarakan kegiatan Webinar Fisika Series 01 yang berjudul “Kiat-kiat Tembus Jurnal Internasional Terindeks SCOPUS”. Acara ini diselenggarakan pada Sabtu, 16 Juli 2922 pukul 09.00 – 11.00 WITA secara daring melalui aplikasi Zoom dan Youtube. Narasumber yang berkenan mengisi webinar ini adalah Guru Besar Departemen Fisika di Universitas Padjadjaran, yaitu Prof. Dr. Risdiana, M.Eng. Acara ini dipandu oleh Kepala Laboratorium Fisika Teori dan Material FMIPA Universitas Mulawarman, yaitu Bapak Dr. Dadan Hamdani, M.Si.

Dekan FMIPA Universitas Mulawarman, Bapak Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si. membuka acara ini. Dalam sambutannya, beliau berharap semoga publikasi ilmiah dosen di lingkungan Fisika FMIPA Universitas Mulawarman bisa meningkat, terutama di tingkat Q1 hingga Q4 SCOPUS.

Webinar ini dihadiri oleh banyak peserta dari berbagai kalangan dan penjuru di Indonesia. Jumlah peserta yang mengikuti webinar mencapai 108 orang. Dalam penyampaian materinya, narasumber menjelaskan secara rinci mengenai tips dan trik dalam menulis artikel ilmiah, dimulai dari penjabaran tahapan yang harus dilalui pada publikasi di jurnal internasional. Selain itu, narasumber juga menjelaskan bagaimana seharusnya menulis bagian abstrak hingga referensi yang umum tertulis pada jurnal internasional. Pemateri juga memberikan informasi kira-kira berapa lama waktu yang diperlukan dalam publikasi artikel ilmiah di jurnal internasional dan bagaimana kita dapat membedakan antara jurnal asli dan jurnal predator. Para peserta pun sangat antusias pada webinar ini. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang harus dijawab oleh pemateri sehingga acara sedikit terlambat untuk selesai.

Kegiatan Webinar Fisika Series 01 tahun 2022 ini sangat menarik untuk disimak secara menyeluruh. Webinar ini dapat ditonton ulang melalui channel Youtube Fisika FMIPA Univeritas Mulawarman berikut

Para pembaca sekalian, demikianlah ringkasan kegiatan Webinar Fisika Series 01: “Kiat-kiat Tembus Jurnal Internasional Terindeks SCOPUS”. Terima kasih telah berkunjung ke laman kami. Semoga bermanfaat.

Wassalam…

Prodi Fisika FMIPA Universitas Mulawarman