WORKSHOP FISIKA SERIES 01

 “PENGGUNAAN SOFTWARE UNTUK PENYAJIAN DATA TUGAS AKHIR”

Latar Belakang

Penyajian data tugas akhir menggunakan bantuan software bagi mahasiswa menjadi hal penting untuk mengolah dan menyajikan data hasil penelitian. Selama ini, umumnya mahasiswa hanya menggunakan program sederhana yaitu Excel bawaan MS Office untuk OS Windows. Dari segi estetika perlu pengolahan lanjut atau menggunakan software lain agar bisa memenuhi standar untuk publikasi jurnal sebagai luaran dari penelitian. 

Di tengah maraknya perkembangan teknologi digital dengan munculnya berbagai software terbaru yang dapat digunakan untuk mempermudah pengerjaan tugas akhir mahasiswa, maka kegiatan workshop ini perlu untuk dilaksanakan. Kegiatan Workshop dengan tema “Penggunaan Software untuk Penyajian Data Tugas Akhir” merupakan salah satu program kerja Jurusan Fisika yang dilaksanakan pada tahun 2022. 

Kegiatan ini dikhususkan bagi mahasiswa yang telah mempersiapkan diri dalam melakukan penelitian tugas akhir yang akan menjadi wawasan baru dan bisa memilih software yang tepat berdasarkan bidang kajian masing-masing.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan dosen di Jurusan Fisika dalam kepenulisan tugas akhir, karya ilmiah serta penyajian data ilmiah yang lebih baik dan benar. Adapun beberapa software yang akan digunakan selama kegiatan workshop yaitu software SMA4WIN, Inkscape dan Origin dengan narasumber yang berbeda.

Peserta workshop berpartisipasi aktif dalam mempraktekkan materi pelatihan dengan laptop masing-masing menggunakan software saat materi berlangsung. Peserta juga diberikan penugasan untuk menyajikan data sebagai luaran dari kegiatan ini.

Setelah mengikuti workshop penggunaan software ini, harapannya mahasiswa lulusan Fisika FMIPA Universitas Mulawarman mampu meningkatkan kualitas daya saing di lingkungan kerja dengan adanya softskills pada pada penggunaan beberapa software tersebut.

Pelaksanaan Kegiatan

Workshop Fisika Series 01 dengan tema “Penggunaan Sofware untuk Penyajian Data Tugas Akhir”. telah diselenggarakan pada hari Jum’at, 25 November 2022 pukul 07.00 – 16.30 WITA secara hybrid daring melalui aplikasi Zoom dan Youtube untuk narasumber pertama dan peserta sebagian hadir offline. Kegiatan ini diketuai oleh Bapak Dr. Dadan Hamdani, M.Si.

Narasumber yang mengisi workshop ini adalah Guru Besar Departemen Fisika di Universitas Padjadjaran, yaitu Prof. Dr. Risdiana, M.Eng. (secara daring) Acara ini dipandu oleh Ibu Sahara Hamas Intifadhah, S.Si.,M.Si. Fisika Teori dan Material FMIPA Universitas Mulawarman dan narasumber lain yang pelaksanaannya secara luring yaitu Bapak Dr. Dadan Hamdani, M.Si., Ibu Dr. Rahmawati Munir, M.Si., Bapak Adrianus Inu Natalisanto, M.Si. (Dosen Prodi Fisika) dan Ibu Nanda Khoirunisa (Dosen Prodi Geofisika) di ruang Einstein lantai 2 Gedung D Fakultas MIPA Universitas Mulawarman.

Penggunaan software SMA4WIN untuk penyajian data yang diperkenalkan oleh Prof. Risdiana sangat menarik karena mudah penggunaannya dan free/open acces alias gratis. Bagi teman-teman yang mau publikasi tidak akan terkendala terkait penggunaan lisensi.

Melalui pemaparan materi Prof. Risdiana, peserta dipandu untuk praktek langsung penggunaan software tersebut. Diberikan tabel data untuk diolah bersama dan menunjukkan tampilan grafik yang bisa diedit sedemikian rupa sehingga bernilai estetika sesuai standar untuk publikasi jurnal internasional. 

Untuk teman-teman yang penasaran dengan tutorial penggunaan software SMA4WIN dapat menyimak selengkapnya melalui streaming channel berikut.

Link Youtube Channel Fisika Fmipa Unmul:

Jangan lupa, subscribe like comment dan share sebanyak-banyaknya ya. Agar teman-teman tidak ketinggalan dengan info-info sains fisika lainnya.

Adapun penyampaian materi oleh Dosen Jurusan Fisika diadakan secara luring setelah sesi Prof. Risdiana selesai. Materi yang disampaikan antara lain

  1. Teori Ketidakpastian dalam Pengolahan Data (Dr. Adrianus Inu Natalisanto, M.Si.)
  2. Tips Penulisan Ilmiah dan Sitasi Jurnal (Dr. Dadan Hamdani, M.Si.)
  3. Pengolahan Data Menggunakan OriginLab Software  (Dr. Rahmawati Munir)
  4. Pengolahan Data Menggunakan  Inkscape Software(Nanda Khoirunia, S.Si.,M.Sc.)

Penutup

Pelaksanaan Kegiatan Workshop Fisika Series 01 dengan tema “Penggunaan Sofware untuk Penyajian Data Tugas Akhir” untuk mahasiswa Jurusan Fisika (Program Studi Fisika dan Program Studi Geofisika) Fakultas MIPA Universitas Mulawarman telah terselenggara dengan lancar pada tanggal 25 November 2022.

Tim panitia dan peserta melaksanakan kegiatan dengan penuh semangat dan antusias. Tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut hingga berakhir seluruh rangkaian acara. Diskusi yang intens dan selama kegiatan berjalan menunjukkan semangat kekeluargaan dan profesionalisme tim panitia dan peserta dalam mensukseskan pelaksanaan kegiatan pelatihan ini.

Melalui Kegiatan Workshop Fisika Series 01 dengan tema “Penggunaan Sofware untuk Penyajian Data Tugas Akhir” bagi mahasiswa Program Studi Fisika dan Program Studi Geofisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Mulawarman dapat disampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Peserta terlatih dalam menggunakan software SMA4WIN untuk mengolah data penelitian;
  2. Peserta memperoleh keterampilan dalam menggunakan beberapa jenis software lainnya seperti OriginLab & Inkscape;
  3. Peserta terlatih menerapkan teori ketidakpastian dalam mengolah dan menyajikan data penelitian.

Demikian info kegiatan Workshop Fisika Series 01 dengan tema “Penggunaan Sofware untuk Penyajian Data Tugas Akhir”  bagi mahasiswa  Program Studi Fisika dan Program Studi Geofisika, Fakultas MIPA Universitas Mulawarman berjalan lancar dan sukses.

Kegiatan ini merupakan bentuk upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam pengembangan keterampilan dalam penggunaan software pengolahan dan penyajian data penelitian. Semoga bermanfaat dan segera diaplikasian pada saat melakukan penelitian Tugas Akhir (Skripsi)

Wassalam,

Koprodi Fisika (Rahmawati Munir)