Kunjungan siswa SMP Kristen Cita Hati Samarinda

Pada Hari Jumat tanggal 13 Januari 2023 Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi serta Laboratorium Geofisika menerima kegiatan kunjungan laboratorium dari siswa SMP Kristen Cita Hati Samarinda, kegiatan kunjungan ini memiliki tema “ Teknologi”. Kegiatan ini memiliki peserta sebanyak 30 orang siswa, 7 Guru pendamping serta 1 orang staff dari SMP Kristen Cita Hati.

Gambar 1: Penyambutan peserta di Ruang Geometri Gedung G FMIPA UNMUL

Peserta kunjungan disambut oleh Ketua Jurusan Fisika bapak Dr. Djayus, MT di ruangan Geometri Gedung G lantai 2 FMIPA Universitas Mulawarman. Dalam acara penyambutan ini turut pula Kepala Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi Bapak Dr. Syahrir, M.Si, Bapak Ahmad Zarkasi, M.Si dan Bapak Kholish Nurhanafi, M.Sc. selaku dosen pengampu Mata Kuliah pada KBK Elektronika dan Instrumentasi. Ketua Jurusan Fisika dalam hal ini menyambut baik kunjungan yang dilakukan oleh pihak sekolah serta berharap tetap terjalin kerjasama untuk ke depannya

               Gambar 2: penjelasan cara penggunaan osiloskop di Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi

Setelah kegiatan penyambutan para peserta dibagi menjadi dua kelompok dimana kelompok pertama menuju Laboratorium Geofisika dan kelompok kedua menuju Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi. Masing – masing kelompok diberi waktu 60 menit untuk mengekplore dan mencari tahu lebih jauh mengenai laboratorium, baik itu peralatan dan bahan praktikum ataupun penelitian serta luaran hasil dari penelitian yang dihasilkan oleh masing – masing laboratorium. Setelah sesi pertama masing – masing kelompok saling bertukar kunjungan laboratorium kemudian diakhiri dengan kegiatan foto bersama.

     Gambar 3: Penjelasan Aplikasi Mikrokontroler di Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi
         Gambar 4 : Cara pembacaan dan penggunaan multimeter di Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi

Di Laboratorium Geofisika, peserta kunjungan diberi penjelasan mengenai cara penggunaan kompas geologi, jenis – jenis batuan serta penggunaan beberapa alat seperti geolistrik, geomagnet dan seismik, sedangkan di Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi para peserta kunjungan diberi pengenalan mengenai aplikasi mikrokontroler, cara penggunaaan osiloskop, multimeter, dan sistem digital.

                          Gambar 5 : Cara penggunaan kompas geologi di Laboratorium Geofisika
                    Gambar 6: penjelasan mengenai penggunaan alat metode geolistrik di Laboratorium Geofisika

Demikian serangkaian kegiatan kunjungan SMP Kristen Cita Hati Samarinda, di Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman. Semoga banyak memberi manfaat bagi hubungan kerjasama ini dan semakin banyak realisasi kegiatan bersama ke depannya.

Ditulis oleh: Ido Merdekawati