Kunjungan Siswa SMA Negeri 8 Samarinda

Pada hari Kamis 26 Januari 2023 terlaksana kunjungan pendidikan dari SMA Negeri 8 Samarinda, rombongan peserta kunjungan dari SMA Negeri 8 Samarinda disambut dan diterima oleh Dekan FMIPA Dr. Hj Ratna Kusuma, M.Si beserta wakil Dekan Bidang Akademik dan kemahasiswaan Dr. Dadan Hamdani, M.Si di ruang Teater Sains Learning Center FMIPA Universitas Mulawarman Samarinda.

 Sambutan Dekan Fakultas MIPA Universitas Mulawarman: Ibu Dr.Hj.Ratna Kusuma, M.Si.

Rombongan dari SMA Negeri 8 Samarinda berjumlah 106 siswa dan 1 Guru Pendamping ini mendapatkan kesempatan untuk berkeliling di gedung Sains Learning Center FMIPA serta beberapa Laboratorium yang ada pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, diantaranya Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi, Laboratorium Geofisika, Laboratorium Matematika Komputasi, Laboratorium Statistika Terapan, Laboratorium Kimia Dasar, Laboratorium Biologi dasar, Laboratorium Anatomi Hewan dan Mikroteknik, Laboratorium Kultur Jaringan serta Laboratorium Ekologi dan Sistematika Hewan.

Khusus untuk kelompok yang berkunjung di Laboratorium Jurusan Fisika. Siswa diarahkan untuk mengunjungi Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi dan Laboratorium Geofisika

 Pengenalan Komponen Elektronika

Oleh kepala Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi Bapak Dr. Syahrir, M.Si. memperkenalkan komponen elektronika. Siswa sangat antusias memperhatikan.

 Pengenalan Sistem Digital

Selanjutnya dilakukan demonstrasi pengenalan sistem digital oleh Bapak Kholis Nurhanafi, S.Si.,M.Sc dan Bapak Ahmad Zarkasi, S.Si.,M.Si.

  Pengenalan Aplikasi Mikrokontroler untuk Pengukur Kecepatan Angin
 Pengenalan Cara Penggunaan Multimeter

Untuk kelompok siswa yang berkunjung di Laboratorium Geofisika juga diperkenalkan beberapa peralatan di laboratorium tersebut diantaranya jenis – jenis batuan serta penggunaan beberapa alat seperti geolistrik, geomagnet dan seismik.

 Pengenalan Jenis Batuan dan Cara Penggunaan Kompas Geologi

Pengenalan GPR

Demikian serangkaian kegiatan kunjungan SMAN 8 Samarinda, di Laboratorium Elektronika & Instrumentasi dan Laboratorium Geofisika, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman. Semoga banyak memberi manfaat kegiatan ini kunjungan ini dan semakin banyak realisasi kegiatan bersama ke depannya.

Ditulis oleh: Ido Merdekawati, S.Si.