KUNJUNGAN SISWA SMAIT ISTIQOMAH BALIKPAPAN

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Komputasi & Oseanografi Menjadi Perhatian Khusus Peserta Kunjungan

Pada hari Rabu tanggal 8 Pebruari 2023 perwakilan siswa SMAIT Istiqomah Balikpapan melakukan kunjungan ke Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Mulawarman. Peserta kunjungan disambut dan diterima oleh Dekan FMIPA Dr. Hj Ratna Kusuma, M.Si beserta wakil Dekan Bidang Akademik dan kemahasiswaan Dr. Dadan Hamdani, M.Si di Cafetaria Lt 3 Gedung Science Learning Center (SLC) .

Sambutan Dekan FMIPA Universitas Mulawarman, Ibu Hj.Dr.Ratna Kusuma,M.Si.

Melalui rangkaian penyambutan ini, diperkenalkan profil Program Studi Fisika oleh Koordinator Program Studi Fisika, Dr. Rahmawati Munir, M.Si. dan Profil Program Studi Geofisika, Wahidah S.Si.,MT. Kedua program studi ini berada di bawah Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Mulawarman.

Pengenalan Profil Prodi Fisika oleh Koordinator Prodi, Ibu Dr. rahmawati Munir, M.Si.
Pengenalan prodi Geofisika oleh Koordinator Prodi Geofisika, Ibu Wahidah, S.Si.,MT.

Peserta kunjungan menyimak dengan antusias pada perkenalan program studi kali ini. Salah satu siswa bertanya tentang Keompok Bidang Keahlian (KBK) Komputasi dan Oseanografi, apa saja aktifitas bagi mahasiswa yang memilih kelompok bidang keahlian ini.

Siswa bertanya tentang KBK Komputasi dan Oseanografi

Beberapa kegiatan yang dilakukan di KBK Komputasi dan Oseanografi diantaranya observasi lapangan, studi laboratorium, simulasi komputer dan penginderaan jauh. Adapaun topik-topik kajiannya menarik diantaranya, Pemodelan Oseanografi, Sistem Informasi Geografis, Penginderaan Jauh, Mitigasi Bencana, Perubahan Iklim, Oseanografi Lingkungan, Pengolahan Data Oseanorafi, dan Hidrometeorologi.

Topik kajian riset di KBK Komputasi dan Oseanografi secara keseluruhan bertumpu pada Pola Ilmiah Pokok Universitas Mulawarman yaitu hutan tropis lembab dan lingkungannya. Selain itu, dosen pengajar di KBK Komputasi dan Oseanografi juga sangat mendukung dengan kualifikasi Doktor lulusan Kyushu University, Japan (Bapak Dr. Idris Mandang, M.Si, & Bapak Dr.Sc.Mustaid Yusuf, M.Si.) serta lulusan Magister luar negeri dan dalam negeri dari Institusi ternama di Indonesia. 

Siswa yang bertanya diarahkan juga untuk mengunjungi website Program Studi Fisika dengan cukup mengetik kata kunci KBK Oseanografi dan Komputasi. Saat itu juga penanya melakukan browsing untuk mendapatkan informasi selengkapnya dan sewaktu-waktu bisa diakses. Penjelasan singkat saja diberikan mengingat keterbatasan waktu karena kan dilanjutkan dengan sesi kunjungan di laboratorium.

Siswa melakukan browsing website program studi

Setelah perkenalan Program Studi selesai, dilanjutkan dengan tukar menukar plakat cindera mata oleh Dekan Fakultas MIPA dengan Guru Pendamping dari Siswa SMAIT Istiqomah Balikpapan. Serangkaian penyambutan ditutup dengan foto bersama.

Sesi pemberian plakat cindera mata
Sesi Foto Bersama

Sesi selanjutnya adalah berkeliling melihat-lihat laboratorium dasar yang ada terdapat di Gedung SLC FMIPA yaitu Laboratorium Fisika Dasar, Laboratorium Kimia Dasar, Laboratorium Biologi Dasar dan Laboratorium Matematika. Karena menyesuaikan dengan permohonan kunjungan khusus ke Program Studi Geofisika, maka peserta diarahkan untuk mengenal lebih dekat Laboratorium Geofisika.

Kunjungan ke Laboratorium Geofisika Dipandu Langsung oleh Ketua Jurusan Fisika, Bapak Dr. Djayus, MT.

Pada Laboratorium Geofisika peserta kunjungan diberi penjelasan mengenai cara penggunaan kompas geologi, jenis – jenis batuan serta penggunaan beberapa alat seperti geolistrik, geomagnet dan seismic dibimbing langsung oleh asisten.

Pengenalan Alat oleh Asisten Laboratorium Geofisika

Bapak Dr. Djayus, MT selaku Ketua Jurusan Fisika sekaligus Dosen pada KBK Geofisika dan Lingkungan memberikan penjelasan secara detil terkait aktifitas di Laboratorium Geofisika. Beberapa X-Banner di laboratorium tersebut memberikan informasi terkait topik kajian, kegiatan kuliah lapangan dan pengenalan alat-alat di laboratorium Geofisika.

Penjelasan Tentang Aktifitas Laboratorium Geofisika

Demikian serangkaian kegiatan kunjungan SMAIT Istiqomah Balikpapan di Fakultas MIPA Universitas Mulawarman terkhusus Laboratorium Geofisika, Jurusan Fisika. Semoga banyak memberi manfaat kegiatan ini kunjungan ini dan semakin banyak realisasi kegiatan bersama ke depannya.

Ditulis oleh Rahmawati Munir

Lampiran Foto-foto Kunjungan Laboratorium Geofisika