WORKSHOP REKONSTRUKSI RPS MATA KULIAH PRODI FISIKA

Latar Belakang

Dari waktu ke waktu dosen dihadapkan dengan kebutuhan untuk meninjau dan merekonstruksi Rencana Pembelajaran Smester (RPS) mata kuliah yang diampu. Suatu mata kuliah yang diinginkan mempunyai relevansi yang tinggi dengan kemajuan dan perkembangan informasi, tidak mungkin tidak akan mengalami perubahan.

Apabila matakuliah tersebut tidak memperhatikan perubahan dan perkembangan yang terjadi, maka akan menjadi tidak bermanfaat dan hanya menjadi bean bagi mahasiswa. Matakuliah tersebut tidak mampu menangkap kecenderungan atau trend yang ada melalui informasi yang baru. Dengan demikian matakuliah tersebut tidak mampu mepresentasikan eksistensi bidang ilmu tersebut secara akurat.

Agar matakuliah benar-benar memberikan manfaat yang sebesar besarnya bagi mahasiswa dan perkembangan ilmu, matakuliah tersebut perlu dievaluasi dan direkonstruksi berdasarkan perkembangan ilmu dan kebutuhan. Selain itu, perlunya merekontruksi RPS Matakuliah dengan pertimbangan-pertimbangan berikut:

Hasil belajar mahasiswa kurang memuaskan. Hal ini dapat terjadi untuk prestasi mahasiswa secara umum, atau adanya bagian-bagian tertentu matakuliah yang dirasa sulit oleh mahasiswa.

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu pengetahuan selalu berkembang dan berubah dengan cepat. Agar selalu relevan, matakuliah yang ditawarkan harus responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi.

Terjadinya perubahan kebijakan pendidikan, baik yang bersifat nasional maupun institusional. Dengan adanya pendekatan yang interdisipliner dan multidispliner kemungkinan ada matakuliah yang digabung.

Visi Program Studi Fisika yakni “Menjadi Program Studi S-1 Fisika yang Unggul dalam Menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat dalam Pengembangan Sains dan Teknologi, yang Bertumpu pada Sumber Daya Alam Hutan Tropis Lembab dan Lingkungannya Tahun 2034“. Untuk mewujudkannya tentu salah satu aspek pendukung adalah mutu bidang pendidikan & pengajaran perlu ditingkatkan.

Oleh sebab itu tersedianya perangkat pembelajaran yang terupdate merupakan salah satu indikator berjalannya siklus PPEPP (Penetapan Pelaksanan Evaluasi Pengendalian Peningkatan) pada bidang pendidikan dan pengajaran. Untuk mendukung berjalannya siklus PPEPP tersebut, maka Program Studi Fisika menjadikan workshop penyiapan perangkat pembelajaran secara rutin. Dimana pada kegiatan kali ini mengangkat tema “Rekonstruksi RPS Matakuliah pada Program Studi Fisika

Tujuan Kegiatan

Kegiatan Workshop: “Rekonstruksi RPS Mata Kuliah pada Program Studi Fisika” di Jurusan Fisika FMIPA Universitas Mulawarman bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajran dengan memulai dari kelengkapan perangkat pengajaran yang berdasarkan pada capaian kinerja utama,

Rangkaian Acara

Workshop: “Rekonstruksi RPS Mata Kuliah pada Program Studi Fisika” di pada hari Senin, 20 Pebruari 2023 pukul 08.00 – 15.30 WITA secara luring di Room Theater, Lantai 1 Gedung Science Learning Center, Fakultas MIPA Universitas Mulawarman.

Gambar 1: Foto Bersama Dekan FMIPA Unmul, Wakil Dekan I FMIPA Unmul & Peserta Workshop

Pada tahap pembukaan acara, dimulai oleh MC (Ananda Fransisca, Mahasiswa Program Studi Fisika Angkatan 2019. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Unmul dan Mars MIPA). Selanjutnya untuk memperoleh keberkahan dan manfaat yang sebesar-besarnya pada kegiatan ini dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Bapak Kholis Nurhanafi, S.Si.,M.Sc.

Gambar 2: Pembacaan Doa oleh Bapak Kholis Nurhanafi, S.Si.,M.Sc.

Lanjut pada acara sambutan oleh ketua Panitia Ibu Dr. Rahmawati Munir, M.Si., Kemudian sambutan berikutnya oleh Dekan FMIPA, Ibu Dr.Hj.Ranta Kusuma, M.Si. sekaligus membuka acara ini secara resmi.

Gambar 3: Sambutan Ketua Panitia, Ibu Dr. Rahmawati Munir, M.Si.

 

Gambar 4: Sambutan Sekaligus Membuka Acara, Ibu Dr. Hj. Ratna Kusuma, M.Si.

Pada acara inti, yakni pemaparan materi oleh narasumber 1, Bapak Dr. Adrianus Inu Natalisanto, M.Si. tentang Uraian Siklus PPEPP (Penetapan Pelaksanaan Evaluasi Pengendalian dan Peningkatan) pada Pembelajaran Berbasis IKU.

Gambar 5: Foto Narasumber 1 (Dr. Adrianus Inu Natalisanto, M.Si.), Narasumber 2 (Dr. Rahmawati Munir, M.Si.) dan Moderator (Kholis Nurhanafi, S.Si.,M.Sc.

Beliau saat ini menjabat sebagai Ketua Gugus Jaminan Mutu (GJM) Fakultas MIPA Unmul yang senantiasa menekankan keberlangsungan siklus PPEPP tetap berjalan sebagai upaya peningkatan mutu Agar tetap berjalan siklus PPEPP. Pemaparan tentang bidang pengajaran yang mendukung capaian IKU apa saja, beliau jelaskan secara detil sebagai gambaran penekanan untuk dijadikan acuan dalam pelaksanaan pembelajaran.

Gambar 6: Peserta Penanya, Koordinator Program Studi Statistika (Dr. Sifiyani, M.Si.) untuk materi 1

Sebagai narasumber pada sesi kedua yaitu Ibu Dr. Rahmawati Munir, M.Si. yang menyampaikan materi terkait rekonstruksi RPS pada Mata Kuliah Program Studi Fisika dengan mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PJBL) ke dalam RPS. Materi yang disampaikan sifatnya berupa panduan mengimplementasikan model pembelajaran tersebut ke dalam RPS.

Gambar 7: Template Dokumen Rekosntruksi RPS Mata Kuliah
Gambar 8: Peserta Penanya, Koordinator Program Studi Matematika (Dr. Syarifuddin, M.Si.)

Peserta diarahkan untuk mengisi template yang telah disiapkan. Selain itu, diberikan gambaran tentang pelaksanaan model pembelajaran tersebut mulai dari tahap persiapan, perancangan project, penyusunan syntaks, rubrik penilaian dan luaran yang dihasilkan dari project tersebut.

 

Sesi kedua berlangsung hingga siang tepat pukul 12.00 WITA. Penyerahan sertifikat oleh ketua Jurusan Fisika kepada kedua narasumber sebelum ISHOMA.

 

Gambar 9: Penyerahan sertifikat oleh Ketua Jurusan Fisika, Bapak Dr.Djayus MT. kepada Narasumber 1 & Narasumber 2

Usai ISHOMA, materi ketiga dilanjutkan oleh narasumber 3, Bapak Ahmad Zarkasi, S.Si.,M.Si. Beliau memaparkan tentang strategi evaluasi pembelajaran dan pengukuran CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan). Materi ini menjadi perhatian khusus dari UJM Prodi Biologi, Ibu Dr.Linda Oktavia N, M.Si. Beliau bertanya tentang teknis pengukuran CPL lebih detil. Mengingat salah satu tugas UJM adalah melaksanakan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan bidang akademik di tingkat program studi.

Gambar 10: Peserta Penanya, UJM Program Studi Biologi (Dr. Linda Oktavia N., M.Si.)

Sesi ini tidak cukup untuk membahas secara detil, sehingga akan ditindaklanjuti dengan rencana pelaksanaan workshop instrumen evaluasi di tingkat GJM bersama UJM di lingkungan Fakultas MIPA Universitas Mulawarman.

Gambar 11: Penyerahan Sertifikat Kepada Narasumber 3 oleh Sekretaris Jurusn Fisika, (Devina Rayzy Perwitasari Sutaji Putri, S.Si.,M.Sc.)

Usai pemaparan materi, dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada narasumber dan moderator oleh Sekretaris Jurusan Fisika, Ibu Devina Rayzy Perwitasari Sutaji Putri, S.Si.,M.Sc.

Gambar 12: Penyerahan Sertifikat Kepada Moderator oleh Sekretaris Jurusn Fisika, (Devina Rayzy Perwitasari Sutaji Putri, S.Si.,M.Sc.)

Penutup

Pada pukul 14.45, serangkaian acara berakhir yang ditutup oleh MC dan dilanjutkan dengan coffee break sehingga peserta masih sempat beristirahat sebelum meninggalkan lokasi kegiatan. Akhir kata, acara ini berlangsung dengan lancar dan semoga membawa manfaat sebesar-besarnya bagi peserta dan program studi.

Lampiran Foto-foto Kegiatan: