PELAKSANAAN RAPAT TINJAUAN MANAGEMEN (RTM) FMIPA UNMUL

PELAKSANAAN RAPAT TINJAUAN MANAGEMEN (RTM) TAHUN 2022 SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PROGRAM STUDI DI LINGKUNGAN FMIPA UNIVERITAS MULAWARMAN

Pelaksanaan RTM FMIPA UNMUL di Balroom Midtown Hotel Samarinda

Pada hari Sabtu, 25 Februari 2023, Program Studi Fisika Jurusan Fisika mengikuti serangkaian kegiatan Rapat Tinjauan Managemen (RTM) yang diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) universitas Mulawarman. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Ballroom-Hotel Midtown, Kota Samarinda.

Foto Bersama Panitia dan Peserta RTM FMIPA UNMUL

Serangkaian kegiatan RTM dimulai dengan pembukaan, sambutan Dekan FMIPA Universitas Mulawarman, Ibu Dr.Dra.Hj. Ratna Kusuma, M.Si.

Sambutan oleh Dekan FMIPA UNMUL, Ibu Dr. Dra. Hj. Ratna Kusuma, M.Si.

Kemudian sambutan dilanjutkan oleh Ketua Senat dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Senat FMIPA, Bapak Prof. Erwin, M.Si.

Sambutan oleh Sekretaris Senat FMIPA UNMUL, Bapak Prof. Dr.Ir.Erwin, M.Si.

Melalui kegiatan RTM ini, setiap program studi di Lingkungan fakultas MIPA memaparkan hasil laporan Audit Mutu Internal (AMI) yang dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2022.

Program Studi Fisika melaporkan bahwa terdapat 5 temuan yang masuk kategori OB (Observasi) dan 1 temuan KTS (Ketidaksesuaian). Presentasi pelaporan temuan AMI dan uraian kegiatan Tim Penjaminan Mutu (UJM) Program Studi oleh Ibu Dr. Rahmawati Munir, M.Si. (Koordinator PS Fisika) dan Bapak Ahmad Zarkasi, S.Si.,M.Si.(Koordinator UJM PS Fisika).

Pelaporan Hasil AMI oleh Koordinator PS Fisika dan Penyampaian Evaluasi oleh Koordinator UJM PS Fisika

Tindak lanjut seperti melengkapi RPS mata kuliah, menyusun CPL dan mengembangkan matriks pencapaian sub CPMK, Monitoring dan evaluasi pembelajaran, melengkapi roadmap penelitian dosen dan mahasiswa, melengkapi roadmap PKM dosen dan mahasiswa.

Tim Dosen Peserta RTM Jurusan Fisika

Temuan KTS dan OB seperti pengembangan karir dosen masih rendah, beberapa dosen belum memenuhi sertifikat pekerti, belum adanya kuesioner kepuasan mahasiswa, belum melampirkan judul penelitian dosen, belum ada daftar kegiatan mendukung suasana akademik misalnya kegiatan prodi di akademik/nonkademik, belum terpenuhinya roadmap penelitian dan PKM dosen.

Setelah semua Program Studi memberi pemaparan terkait temuan AMI, dilanjutkan dengan penugasan dalam melakukan perencanaan tindak lanjut dalam menyelesaikan setiap permasalahan setiap jurusan. Penyelesaian dapat dibagi mulai dari tingkat jurusan, tingkat fakultas hingga tingkat Universitas. Pada sesi berikutnya adalah penyampaian hasil RTM yang telah dihimpun oleh Ketua Gugus Penjaminan Mutu (GJM) FMIPA, bapak Dr. Adrianus Inu Natalisanto, M.Si.

Seluruh rangkaian acara RTM diakhiri dengan penyampain informasi sertifikat oleh panitia dan dilanjutkan dengan penutupan kegiatan secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Bapak Dr. Dadan Hamdani, M.Si.

Demikian pelaporan kegiatan RTM Fakultas MIPA Universitas Mulawarman yang diikuti oleh Program Studi Fisika, Jurusan Fisika. Semoga melalui kegiatan ini menjadi pendukung capaian peningkatan mutu Program Studi Fisika.

Terima kasih kepada pembaca yang telah berkenan mampir di website prodi fisika.