Sosialisasi Penyusunan LKPS dan LED Akreditasi LAMSAMA

“Sosialisasi Penyusunan LKPS dan LED Akreditasi LAMSAMA Program Studi Fisika Jurusan Fisika Universitas Mulawarman Tahun 2023”

Kegiatan Workshop dengan tema “Sosialisasi Penyusunan LKPS dan LED Akreditasi LAMSAMA Program Studi Fisika Jurusan Fisika Universitas Mulawarman Tahun 2023” merupakan salah satu bentuk kegiatan Jurusan Fisika yang bertujuan untuk mempersiapkan akreditasi prodi melalui akreditasi LAMSAMA (Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal). Saat ini program Studi S1 Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam Universitas Mulawarman memiliki peringkat akreditasi BAN-PT yaitu B atau Baik. Pada tanggal 24 April 2024 masa akreditasi telah berakhir, sehingga diperlukan adanya akreditasi ulang yang akan dilakukan menggunakan Akreditasi LAMSAMA (Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal).

Gambar 1: (kiri ke kanan) Wakil Dekan I (Dr. Dadan Hamdani, M.Si.); Narasumber (Dr. Melania Suweni Muntini, M.T.); Dr. Djayus, M.T. (Ketua Jurusan Fisika) dan Dr. Adrianus Inu Natalisanto (Ketua GJMF MIPA)

Program Studi Fisika memiliki Visi yakni “Menjadi Program Studi S-1 Fisika yang Unggul dalam Menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat dalam Pengembangan Sains dan Teknologi, yang Bertumpu pada Sumber Daya Alam Hutan Tropis Lembab dan Lingkungannya Tahun 2034”. Harapannya program studi S1 Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Mulawarman dapat meraih akreditasi Unggul pada Akreditasi LAMSAMA.

Gambar 2: Foto Bersama Narasumber dan Peserta

Tahun ini yaitu pada Tahun 2023, seluruh civitas akademika Jurusan Fisika melakukan persiapan akreditasi guna mendukung tujuan untuk mencapai akreditasi Unggul. Sehingga diperlukan adanya kegiatan-kegiatan yang bersifat workshop untuk menunjang proses persiapan dokumen-dokumen akretiadi. Dimana pada kegiatan kali ini mengangkat tema “Sosialisasi Penyusunan LKPS dan LED Akreditasi LAMSAMA Program Studi Fisika Jurusan Fisika Universitas Mulawarman Tahun 2023”.

Sebagai ketua panitia pada kegiatan sosialisasi ini adalah Ibu Sahara Hamas Intifadhah (Dosen Jurusan Fisika) memberikan sambutannya dalam mengawali di awal acara.

Gambar 3: Sambutan Ketua Panitia, Ibu Sahara Hamas Intifadhah, S.Si.,M.Si.

Sosialisasi penyusunan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) Lamsama memiliki manfaat yang signifikan bagi Program Studi Fisika. Pertama, sosialisasi ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang persyaratan, format, dan proses penyusunan LKPS dan LED secara khusus untuk Program Studi Fisika. Hal ini membantu Program Studi Fisika untuk mempersiapkan dan menyusun laporan dengan lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan spesifik bidang studi tersebut.

Gambar 4: Pemaparan Materi oleh Narasumber, Ibu Dr. Melania Suweni Muntini, M.T.

Kedua, sosialisasi ini meningkatkan kesadaran Program Studi Fisika tentang pentingnya LKPS dan LED sebagai alat evaluasi dan akuntabilitas diri. Dengan menyusun laporan ini, Program Studi Fisika dapat menganalisis kinerja mereka secara komprehensif, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta merumuskan strategi perbaikan yang sesuai. Ini membantu Program Studi Fisika untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, kurikulum, pengajaran, dan penelitian.

Ketiga, melalui sosialisasi, Program Studi Fisika dapat memperoleh panduan praktis, contoh terbaik, dan saran yang berguna dalam menyusun laporan yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Lamsama. Ini membantu memastikan bahwa laporan yang disampaikan oleh Program Studi Fisika memiliki tingkat keakuratan, kejelasan, dan keberlanjutan yang tinggi.

Beberapa foto dokumentasi selama kegiatan sosialisasi

Gambar 5: Penyerahan Sertifikat Kepada Narasumber oleh Wakil Dekan I FMIPA UNMUL
Gambar 6: Penyerahan Sertifikat kepada Moderator (Devina Rayzy Perwitasari Sutaji Putri, S.Si.,M.Sc.) oleh Wakil Dekan I (Dr. Dadan Hamdani, M.Si.)