Workshop Penyusunan RPS

Workshop

Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
Merdeka Belajar Kampus Merdeka Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan
Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman

Ditulis oleh: Asmaidi

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera untuk kita semua…

Pada hari Rabu, 26 Mei 2021, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Mulawarman menyelenggarakan Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Gedung Science Learning Center (SLC) pada pukul 08.00 – 15. 30 WITA. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dekan FMIPA Universitas Mulawarman Bapak Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si sekaligus sebagai nara sumber dan seluruh dosen Jurusan Fisika yang terdiri dari dosen Program Studi Fisika dan Geofisika dengan mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan workshop dibuka oleh Bapak Dekan Fakultas MIPA Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si. Dalam sambutannya Bapak Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si menyampaikan untuk Jurusan Fisika agar mempersiapkan sistem MBKM dan Akreditasi Internasional dengan cara melakukan koordinasi dengan pihak Universitas.

Kemudian, Bapak Asmaidi, S.Pd.,M.Si selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa workshop tersebut diselenggarakan karena pada tahun ajaran 2021- 2022, Jurusan Fisika akan menerapkan program MBKM. Selain itu, workshop tersebut juga diselenggarakan sebagai bentuk persiapan Akreditasi Internasional Jurusan Fisika untuk tahun depan. Kegiatan workshop dipandu oleh Ibu Erlinda Ratnasari Putri, S.Si.,M.Si selaku MC.

Dalam kegiatan workshop ini, secara garis besar terdiri dari 3 sesi: Sesi pertama yaitu pemaparan program dan arah kebijakan pelaksanaan merdeka belajar kampus merdeka dengan nara sumber Bapak Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si yang dimoderatori oleh Bapak Ahmad Zarkasi, S.Si.,M.Si. Sesi kedua pemaparan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau Program Learning Outcome (PLO) dan pemaparan program Akreditasi Internasional Program Studi Fisika dan Geofisika dengan nara sumbernya Tim dari Program Studi Fisika dan Geofisika yaitu Bapak Dr. Djayus, MT, Ibu Dr. Rahmawati M, M.Si, Bapak Drs. Piter Lepong, M.Si, dan Bapak Suhadi Mulyono, S.Si.,M.Si. sesi kedua ini dimoderatori oleh Ibu Devina Rayzy Perwitasari Sutaji Putri, S.Si., M.Sc.

Dari pemaparan yang disampaikan disimpulkan bahwa Program Studi yang akan melakukan Akreditasi Internasioanl harus memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh lembaga Akreditasi Internasional seperti CPL tidak boleh terlalu banyak dan CPL harus terukur. Kemudian anatomi CPL meliputi behavior, subject metters, dan contect. Selain itu, disampaikan bahwa lulusan Jurusan Fisika memiliki output dan outcome yang baik.

Sesi ketiga yaitu pemaparan pembuatan RPS SMART, ABCD, HOTS, PIP program MBKM. Sesi ketiga ini dimoderatori oleh Bapak Asmaidi, S.Pd.,M.Si dengan nara sumber Bapak Dr. Adrianus Inu Natalisanto, M.Si. Beliau merupakan Ketua Gugusan Jaminan Mutu (GJM) FMIPA Universitas Mulawarman dan sekaligus Dosen Program Studi Fisika. Beliau menyampaikan bahwa dosen harus mampu membuat RPS yang SMART, ABCD, HOTS, dan PIP yang mendukung pelaksanaan program MBKM.

Harapannya dengan dilaksanakan Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dapat menambah wawasan kita tentang pelaksanaan program dan arah kebijakan merdeka belajar kampus merdeka, menambah wawasan mengenai CPL dan Akreditasi Internasional serta mampu membuat RPS SMART, ABCD, HOTS, dan PIP yang mendukung pelaksanaan program merdeka belajar kampus merdeka serta Akreditasi Internasional .

Demikian rangkaian kegiatan workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS ) Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Semoga bermanfaat untuk para dosen terkhusus di jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Mulawaman dalam menyiapkan pembelajaran semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Sukes selalu untuk kita semua.

Wassalam,

Jurusan Fisika