WORKSHOP PENGISIAN E-SPMI

Workshop Pengisian E-SPMI:

“Praktek Pengisian e-SPMI untuk Prodi di Lingkungan FMIPA Universitas Mulawarman”

Ditulis oleh: Asmaidi dan Rahmawati Munir

Pendahuluan

E-SPMI UNMUL merupakan sistem informasi berbasis web yang telah dikembangkan oleh LP3M UNMUL. Tujuannya untuk memudahkan dalam proses pelaksanaan SPMI bagi semua program studi di lingkungan Universitas Mulawarman. Apabila SPMI dilaksanakan secara manual, biasanya berupa data-data file hardcopy yang dikumpulkan dalam suatu ruangan. Dengan adanya e-SPMI data-data tersebut tinggal difilekan dan diupload ke dalam web dan dapat diakses kapan saja. Sehingga dengan adanya aplikasi e-SPMI ini, menjadikan proses pengisian SPMI lebih mudah dan efektif. 

Selain itu, ketika diadakan pemeriksaan maka aplikasi e-SPMI dapat memudahkan auditor untuk memeriksa dokumen, dengan mengakses web e-spmi yang dimiliki oleh program studi. Otomatis data yang diinginkan akan tampil dengan cepat. Dengan demikian e-SPMI merupakan fasilitas pengarsipan yang efisien serta tepat guna.

Mengingat pentingnya pengisian e-SPMI secara periodik, maka Jurusan Fisika Fakultas MIPA mengadakan workshop pengisian e-SPMI dengan tema: “Praktek Pengisian e-SPMI untuk Prodi di Lingkungan FMIPA Universitas Mulawarman” 

workshop e-SPMI

Pelaksaaan Workshop Pengisian e-SPMI

Pada hari Kamis, 28 Oktober 2021, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Mulawarman menyelenggarakan Workshop Pengisian e-SPMI dengan tema “Praktek Pengisian e-SPMI untuk Program Studi di Lingkungan FMIPA Universitas Mulawarman” di Gedung Sains Learning Center (SLC) Ruang Discussion Room (B304) pada pukul 09.00 – 12. 00 WITA. Kegiatan tersebut dipandu oleh Ibu Rahmiati Munir, S.Si.,M.Sc selaku MC dengan Narasumber Ibu Penny Pujowati, SP.,M.Si yang merupakan Koordinator Pusat Manajemen Mutu Internal Universitas Mulawarman.

Kegiatan Workshop Pengisian e-SPMI ini diketuai oleh Bapak Asmaidi, S.Pd.,M.Si. dimana dalam Sambutannya disampaikan bahwa kegiatan workshop dilaksanakan untuk melatih para dosen di lingkungan FMIPA UNMUL bagaimana cara menginput dokumen – dokumen standar di aplikasi e-SPMI. Selanjutnya harapan beliau, dengan dilaksanakan workshop tersebut dapat menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan dosen FMIPA Universitas Mulawarman terkait dengan dokumen standar SPMI dan dapat melatih para dosen menginput dokumen ke dalam aplikasi e-SPMI.

SPMI Unmul

Pelaksanaan workshop  secara hybrid (luring dan daring). Acara ini dihadiri oleh Dekan FMIPA Universitas Mulawarman Bapak Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si dan seluruh dosen Jurusan Fisika yang terdiri dari dosen Program Studi Fisika dan Geofisika secara luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu turut dihadiri oleh dosen dari jurusan lain seperti Jurusan Matematika, Biologi, dan Kimia secara daring.

Workshop SPMI-Praktek Pengisian eSPMI

Kegiatan workshop dibuka oleh Dekan FMIPA Bapak Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si. Dalam sambutannya Bapak Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si menyampaikan bahwa Program Studi yang akan divisitasi dalam waktu dekat adalah Program Studi Geofisika dan diharapkan segera mempersiapkan dokumen standar dan dokumen lain yang dibutuhkan terutama terkait dengan dokumen standar SPMI.

Hal ini juga berlaku untuk Program Studi lain di lingkungan FMIPA Universitas Mulawarman. Dalam sambutannya, Bapak Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si juga menekankan kepada Program Studi yang akan mengajukan Akreditasi Internasional untuk lebih ekstra mempersiapkan segala keperluan terutama terkait dengan dokumen yang dibutuhkan dalam pengajuan akreditasi internasional. Sebagai penutup, beliau berharap semua Program Studi di FMIPA Universitas Mulawarman dapat menjadi lebih baik terutama terkait dengan mutu Program Studi.

Hybrid: Workshop SPMI

Secara garis besar workshop tersebut terdiri dari 3 sesi: Sesi pertama yaitu pemaparan materi oleh narasumber Ibu Penny Pujowati, S.P.,M.Si terkait dengan Manajemen SPMI, Sistem Penjamin Mutu Pendidikan Tinggi, dan Pemetaan Instrumen Eveluasi Diri (IED) SPMI. Sesi ke-2 praktek pengisian dokumen Standar dalam Aplikasi e-SPMI dan terakhir diskusi terbuka terkait dengan materi yang disampaikan oleh narasumber.

Harapan beliau, Program Studi di bawah Jurusan Fisika baik itu Program Studi Fisika maupun Program Studi Geofisika dapat segera melengkapi dokumen standar di aplikasi e-SPMI dan melakukan audit dokumen standar SPMI minimal 1 (satu) kali dalam setahun. Begitupula bagi semua program studi di lingkungan Fakultas MIPA yang pada kesempatan ini juga hadir secara daring via zoom. Kegiatan workshop tersebut dimoderatori oleh ibu Wahidah, S.Si.,M.T.

e-SPMI Unmul

Ibu Penny Pujowati, S.P.,M.Si membagikan materi presentasi pada kegiatan workshop ini. Berikut materinya dapat diakses:
Download Materi Workshop :

IMPLEMENTASI SPMI_UNMUL_2021
Pemetaan e_SPMI 2021

Diskusi dan praktek pengisian e-SPMI penuh semangat. Segala kendala dan bentuk dokumen yang harus disiapkan dijelaskan oleh narasumber. Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat, masih banyak yang perlu didiskusikan namun waktu telah habis. Kegiatan Workshop Pengisian e-SPMI diakhiri dan ditutup oleh Ketua Jurusan Fisika, Bapak Dr.Djayus, MT. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian sertifikat bagi Narasumber dan Moderator.

Walaupun kegiatan workshop telah berakhir, akan tetapi memerlukan tindak lanjut bagi setiap program studi di lingkungan Fakultas MIPA UNMUL untuk mengisi e-SPMI masing-masing secara periodik.

Bagi rekan-rekan sejawat yang tidak sempat ikut pada kegiatan ini, berikut rekamannya.

Akhir kata, semoga kegiatan ini membawa manfaat. Persentasi jumlah program studi yang mengisi e-SPMI meningkat di lingkungan FMIPA UNMUL. Terima kasih telah mampir di website kami.

Wassalam,