BIMTEK ONLINE JOURNAL SYSTEM (OJS)

Kiat-Kiat Persiapan Jurnal Online Terakreditasi Sinta

Ditulis oleh: Rahmawati Munir

Assalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…
Salam sehat dan salam sejahtera untuk kita semua…

Pada kesempatan ini, Program Studi Fisika akan berbagi informasi terkait kegiatan Jurusn Fisika yang diadakan pada hari Selasa, tanggal 05 Oktober 2021. Adapun kegiatan yang dimaksud adalah Bimbingan Teknis Pengelolaan Online Journal System (BIMTEK OJS) dengan tema Kiat-Kiat Persiapan Jurnal Online Terakreditasi Sinta. Pemateri yang dihadirkan pada kegiatan ini adalah Bapak Muhammad Fawzy Ismullah Massinai, S.Si.,MT. Beliau adalah editor Geocelebes Journal Terakreditasi Sinta 4, milik Departemen Geofisika, Universitas Hasanudin, Makassar.

BIMTEK OJS JURUSAN FISIKA

Kegiatan BIMTEK OJS bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan teknis pengelolaan jurnal online bagi pengelola jurnal di lingkungan Jurusan Fisika. Oleh sebab itu, pesertanya dikhususkan bagi tim pengelola jurnal, namun semua dosen di Jurusan Fisika juga diberi kesempatan untuk hadir bagi yang berminat. Karena informasi terkait OJS sesungguhnya diperlukan semua dosen baik sebagai editor, reviewer maupun sebaagai author.

Pembukaan Acara Bimtek OJS Fisika

Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian Pembacaan Doa oleh Muhammad Fauzan (Mahasiswa Fisika). Setelah itu, Ketua Jurusan Fisika, Bapak Dr.Djayus, MT. memberi sambutan sekaligus membuka acara ini.

Dalam sambutannya, Beliau sangat mengapresiasi kegiatan panitia dengan harapan dapat memperoleh tambahan keterampilan terkhusus bagi para pengelola jurnal online. Selain itu, disampaikan bahwa di jurusan Fisika terdapat 2 jurnal yakni Physics Progressif Journal (PPJ)  dikelola oleh Prodi Fisika dan Jurnal Geosains Kutai Basin yang dikelola oleh Prodi Geofisika. Kedua jurnal tersebut membutuhkan pengembangan lebih lanjut agar dapat juga meraih akreditasi Sinta ke depannya.

Peserta Bimtek OJS Fisika

Selanjutnya masuk ke acara inti, yakni pemaparan materi dimana dibagi dalam 3 sesi. Sesi pertama, penjelasan materi. Dalam pemaparan narasumber, disampaikan bahwa poin utama yang akan dibahas adalah terkait akreditasi jurnal nasional, Alur penerbitan jurnal serta Role Playing as Author, editor and reviewer.

Adapun unsur penilaian Akreditasi Nasional adalah sebagai berikut

  • Penamaan Terbitan Berkala Ilmiah (Skor:3)
  • Kelembagaan Penerbit (Skor:40)
  • Penyuntungan dan Managemen Pengelolaan Terbitan (Skor:17)
  • Substansi Artikel (Skor:39)
  • Gaya Penulisan )Skor:12)
  • Penampilan (Skor:8)
  • Keberkalaan (Skor:6)
  • Penyebarluasan (11)

Total Skor: 100

Pemaparan Materi Bimtek OJS (1)

Sementara tahapan akreditasi meliputi:
1. Pemenuhan Syarat Pengajuan
2. Manajemen Jurnal (Media Elektronik)
3. Substansi Artikel
4. Pendaftaran dan Evaluasi Diri
5. Hasil Akreditasi

Sebelum melakukan registrasi di Akreditasi Jurnal Nasional atau disingkat ARJUNA, jurnal diwajibkan mengecek syarat pengajuan, apabila salah satu tidak terpenuhi maka tidak akan dilakukan penilaian. Adapun persyaratannya antara lain:
1. Ber E-ISSN
2. Ruang Lingkup Jurnal
3. Etika Publikasi
4. Terbitan bersifat Ilmiah (adanya proses review)
5. Minimal duat tahun berurutan
6. Satu tahun minimal 2 nomor
7. Memiliki DOI

Dalam pemaparan narasumber juga memberikan tips agar rekam jejak publikasi Editor dan Reviewer mudah ditemukan dengan:
-Pastikan hasil kerja reviewer ada di OJS
-Pastikan petunjuk dan template penulisan tersedia
-Pastikan konsistensi kutipan dan daftar pustaka
-Pastikan artikel antar nomor dan volume konsisten mutu penyuntingan gaya dan formatnya.
-Pastikan DOI tersedia dan tidak eror

Dan masih banyak lagi hal penting lain yang perlu dipersiapkan sebelum pendaftaran ke Jurnal Nasional yang dipaparkan oleh Bapak Fawzy selaku narasumber.

Pemaparan Materi Bimtek OJS Fisika (2)

Kemudian sesi kedua tanya jawab dan terakhir adalah simulasi atau praktek pengelolaan jurnal. Pada sesi ketiga, Ibu Erlinda selaku pengelola PJJ melakukan simulasi pada OJS Prodi Fisika dipandu oleh pemateri. Dalam prakteknya ada yang bertindak sebagai Author dan reviewer. Jadi ada sebuah manuskrip sebagai contoh yang disubmit oleh author. Kemudian sebagai reviewernya adalah Ibu Rahmawati Munir dan Ibu Devina Rayzi PSP. Segala tahap dan tips-tips selama proses pengelolaan disampaikan oleh narasumber. Ada banyak hal tambahan pengetahuan yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh para editor jurnal di Jurusan Fisika.

Dalam BIMTEK OJS ini, narasumber tidak sungkan-sungkan berbagi pengamalan kurang baik dan bagaimana mengatasinya selama proses pengelolaan jurnal. Beliau juga membagikan bacaan penting sebagai panduan dalam pengelolaan jurnal termasuk aturan terbaru pengelolaan OJS 2021.

Klik di sini SK Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah

Diskusi sangat menarik, para peserta antusias menyimak dan menanyakan banyak hal terkait kendala yang dialami oleh para editor jurnal di lingkungan Jurusan Fisika selama ini. Jika tidak dibatasi waktu tentu saja acara tidak ada habisnya. Setelah waktu habis, acara ditutup oleh Ketua Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Mulawarman sekaligus memberikan penghargaan berupa sertifikat kepada narasumber yang luar biasa.

Akhir kata, demikian sharing informasi kegiatan BIMTEK OJS yang telah dilakukan oleh Jurusan Fisika. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Wassalam,

Prodi Fisika