Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Kurikulum 2022

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)/Program Learning Outcome (PLO)

Program Studi Fisika FMIPA harus menghasilkan lulusan program sarjana yang  memiliki  kualifikasi pengetahuan, sikap, keterampilan umum, dan keterampilan khusus sesuai bidang keahlian program studi dan berbasis PIP Unmul. Tuntutan kualifikasi lulusan atau capaian pembelajaran lulusan (learning outcome) adalah sesuai dengan keputusan presiden No.12 tahun 2012, Permenristek dan Dikti No.50 tahun 2015, dan kajian hutan hujan tropis dan lingkungannya sebagai PIP Unmul.

CPL/PLO di bidang pengetahuan (knowledge), menggambarkan seperangkat pengetahuan yang wajib dimiliki oleh lulusan sesuai dengan bidang keahlian dalam fakultas dan /atau program studi sesuai dengan level V, VI, VII, VIII dan IX sebagaimana ditetapkan dalam KKNI dan SN Dikti. Capaian pembelajaran lulusan di bidang sikap (attitude) adalah seperangkat sikap, perilaku, karakterdan kepribadian yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan perguruan tinggi di Indonesia sebagai cerminan karakter bangsa yang berkebudayaan dan berkepribadian nasional.

Berikut daftar CPL /PLO Program Studi S1 Fisika berdasarkan naskah kurikulum tahun 2022 dalam Kerangka Outcome-Based Education (OBE) dan implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Aspek Rumusan Sikap (RS):

  1. Menunjukkan sikap religius dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara (RS1)
  2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, jujur, dan secara mandiri mampu berpikir kritis, kreatif, inovatif, berjiwa enterpreneur serta bersikap professional dalam pekerjaannya (RS2)
  3. Menunjukkan kepedulian dan perilaku yang baik tentang konservasi hutan tropis lembab dan lingkungannya (RS3)

Aspek Keterampilan Umum (KU):

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif untuk pengambilan keputusan dalam pekerjaannya, dalam konteks implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi (KU1)
  2. Mampu menerapkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam bentuk skripsi dan karya tulis ilmiah, untuk implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi (KU2)
  3. Mampu bekerja mandiri, memperluas dan memelihara jaringan kerja untuk berkontribusi kepada masyarakat (KU3)

Aspek Keterampilan Khusus (KK):

  1. Mampu menerapkan metode ilmiah untuk menghasilkan model fisis secara matematis (KK1)
  2. Mampu menganalisis berbagai persoalan fisis untuk menemukan solusi alternatif secara analitik maupun komputasi dalam rangka penelitian ilmiah (KK2)
  3. Mampu membuat karya tulis ilmiah fisika dan mendesiminasikannya, terkait dengan potensi penerapan interdisiplin dalam konteks sains, teknologi dan pengelolaan hutan tropis lembab dan lingkungannya (KK3)

Aspek Penguasaan Pengetahuan (PP):

  1. Menguasai konsep teoritis dan azas-azas pokok fisika klasik dan fisika modern untuk pemecahan masalah suatu sistem fisis (PP1)
  2. Mampu mengaplikasikan konsep-konsep dan azas-azas pokok fisika serta teknologi pada bidang keahlian tertentu, seperti: fisika teori, fisika material, fisika elektronika dan instrumentasi, fisika medik, geofisika dan oseanografi fisis (PP2)
  3. Mampu menerapkan perangkat matematika dan komputasi untuk pemecahan masalah suatu sistem fisis (PP3)
  4. Mampu beradaptasi dalam mengaplikasikan bidang keahliannya secara mendalam berkaitan dengan hutan tropis lembab dan lingkungannya (PP4)

———————————————————————————————————————

Kurikulum 2019

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN(CPL)

Capaian pembelajaran lulusan (CPL) di bidang pengetahuan (knowledge), menggambarkan seperangkat pengetahuan yang wajib dimiliki oleh lulusan sesuai dengan bidang keahlian dalam fakultas dan /atau program studi sesuai dengan level V, VI, VII, VIII dan IX sebagaimana ditetapkan dalam KKNI dan SN Dikti.

Capaian pembelajaran lulusan di bidang sikap (attitude) adalah seperangkat sikap, perilaku, karakterdan kepribadian yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan perguruan tinggi di Indonesia sebagai cerminan karakter bangsa yang berkebudayaan dan berkepribadian nasional.

Capaian pembelajaran lulusan di bidang keterampilan umum, dan/atau keterampilan khusus (skill) adalah seperangkat keterampilan dalam bentuk soft skill dan hard skill yang wajib dimiliki oleh lulusan perguruan tinggi karena secara langsung atau tidak langsung akan membantu pelaksanaan tugas-tugasnya dalam bekerja dan berkarya sesuai dengan bidang keahliannya.

Capaian pembelajaran lulusan tambahan perlu ditambahkan dan dimiliki oleh lulusan universitas mulawarman sebagai penciri atau keunggulan lokal lulusan unmul, di samping mereka memiliki, menguasai, memahami dan keterampilan sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. PL tambahan ini adalah seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan berbasis kajian hutan hujan tropis dan lingkungannya. CPL ini dapat membedakan lulusan dari universitas mulawarman dengan dari perguruan tinggi lainnya di Indonesia, di asia tenggara dan di internasional.

Berikut daftar CPL Program Studi S1 Fisika berdasarkan naskah kurikulum tahun 2019:

Aspek Rumusan Sikap (RS):

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (RS1)
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (RS2)
  3. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik (RS3)
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan negara (RS4)
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (RS5)
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (RS6)
  7. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (RS7)
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (RS8)
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan (RS9)
  10. Menunjukkan sikap professional atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (RS10)
  11. Memiliki perilaku yang baik tentang konservasi hutan hujan tropis (RS11)

Aspek Keterampilan Umum (KU):

  1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
  2. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir (KU2)
  3. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data (KU3)
  4. Mengelola pembelajaran secara mandiri (KU4)
  5. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya (KU5)
  6. Memiliki kemampuan adaptif terhadap perkembangan ilmu dan lingkungan kerja untuk memenuhi lapangan kerja yang tersedia (KU6)
  7. Mampu bekerjasama dengan baik dengan berbagai pihak yang terkait serta memiliki kepekaan terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan (KU7)
  8. Memiliki kemampuan pengelolaan hutan hujan tropis berbasis sains fisika (KU8)

Aspek Keterampilan Khusus (KK):

  1. Mampu merumuskan gejala dan masalah fisis melalui analisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen (KK1)
  2. Mampu menghasilkan model matematika atau model fisis yang sesuai dengan hipotesis atau prakiraan dampak dari fenomena yang menjadi subyek pembahasan (KK2)
  3. Mampu menganalisis berbagai solusi alternatif yang ada terhadap permasalahan fisis dan menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat (KK3)
  4. Mampu memprediksi potensi penerapan perilaku fisis dalam teknologi (KK4)
  5. Mampu mendiseminasikan hasil kajian masalah dan perilaku fisis dari gejala sederhana dalam bentuk laporan atau kertas kerja sesuai kaidah ilmiah baku (KK5)
  6. Mampu menerapkan metode ilmiah dalam pengambilan keputusan yang obyektif, cermat dan visioner (KK6)
  7. Menghasilkan karya ilmiah sains fisika dan aplikasinya terkait pengelolaan hutan hujan tropis (KK7)

Aspek Penguasaaan Pengetahuan (PP):

  1. Menguasai konsep teoritis dan prinsip-prinsip pokok fisika klasik dan kuantum (PP1)
  2. Menguasai pronsip dan aplikasi fisika matematika, fisika komputasi dan instrumentasi (PP2)
  3. Menguasai pengetahuan teknologi yang berdasarkan fisika dan penerapannya (PP3)
  4. Menguasai terapan fisika dalam bidang keahlian meliputi elektronika, instrumentasi, geofisika, fisika medis, fisika material (PP4)
  5. Memiliki literasi yang baik tentang hutan hujan tropis (PP5)