Pelaksanaan Seminar Nasional Fisika III 2023

Seminar Nasional Fisika 2023 III
Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Mulawarman

Seminar Nasional Fisika (SNF) adalah salah satu kegiatan ilmiah rutin di Jurusan Fisika FMIPA Universitas Mulawarman, diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Tahun 2023 menandai pelaksanaan yang ketiga kalinya, setelah sukses dilaksanakan pada tahun 2019 dan 2021 sebelumnya.

SNF terdiri dari dua sesi utama, yaitu sesi seminar utama dan sesi seminar paralel. Sesi seminar utama menjadi sorotan dengan kehadiran empat narasumber, termasuk keynote speaker dan pembicara utama dari internal dan eksternal Universitas Mulawarman. Keunikan seminar ini terletak pada gabungan wawasan dari berbagai bidang kepakaran, memberikan peserta perspektif yang komprehensif tentang ilmu fisika.

Sesi paralel adalah waktu bagi peserta seminar dari berbagai kampus di Indonesia untuk mempresentasikan hasil penelitian mereka. Ini menciptakan platform berharga untuk berbagi pengetahuan dan mempererat jaringan akademis di seluruh nusantara.

SNF 2023 akan digelar pada Sabtu, 23 September 2023, secara hybrid di Gedung Science Learning Center FMIPA Universitas Mulawarman dan secara virtual melalui Zoom meetings. Tujuan utama SNF 2023 adalah menyediakan forum diskusi bagi dosen, mahasiswa, peneliti, dan para pakar fisika dari seluruh Indonesia. Seminar ini akan mengulas perkembangan terkini di berbagai bidang fisika, mencakup:

  1. Fisika Matematika dan Teoritik
  2. Geofisika
  3. Oseanografi
  4. Fisika Medik & Biofisika
  5. Fisika Lingkungan
  6. Energi Baru dan Terbarukan
  7. Elektronika dan Instrumentasi
  8. Fisika Material
  9. Fisika Terapan
  10. Teknik Fisika
  11. Fisika Komputasi
  12. Pendidikan Fisika
  13. Fisika Multidisipliner

SNF 2023 akan menghadirkan pembicara:

Keynote Speaker: Dr. Supriatna (Tenaga Ahli Kedeputian Transformasi Hijau dan Digital)
Pembicara Utama 1: Dr. Choirul Anam, M.Si. (Dosen Departemen Fisika Universitas Diponegoro, Bidang Fisika Medik, Pembuat Software IndoseCT dan IndoQCT)
Pembicara Utama 2: Dr. Mislan, M.Si. (Dosen Jurusan Fisika FMIPA Universitas Mulawarman, Bidang Geofisika)
Pembicara Utama 3: Dr. Rahmawati Munir, M.Si. (Dosen Jurusan Fisika FMIPA Universitas Mulawarman, Bidang Fisika Material)

Semoga SNF 2023 menjadi panggung inspirasi dan kolaborasi untuk kemajuan ilmu fisika di Indonesia.