AYO KULIAH DI PRODI FISIKA FMIPA UNMUL

Saatnya menjadi generasi terbaik yang berkualitas, kreatif, adaptif, berjiwa entrepreneur, berwawasan hutan tropis lembab dan lingkungannya di bumi Borneo, tepatnya di kampus Universitas Mulawarman “Center of Excellence for Tropical Studies” dengan berkuliah di Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) .

Program Studi Fisika FMIPA UNMUL merupakan suatu program studi tingkat sarjana (S1) yang akan menghasilkan sarjana bidang ilmu fisika. Ilmu fisika yang dimaksud di sini adalah ilmu fisika murni yang memiliki tujuan utama membongkar dan mendokumentasikan rahasia alam semesta melalui paradigma-paradigma fisika.

Kuliah di Program Studi Fisika FMIPA Universitas Mulawarman, akan diajarkan pokok-pokok/batang tubuh keilmuan fisika, baik klasik maupun modern, seperti termodinamika, mekanika klasik, elektrodinamika (listrik magnet dan elektromagnetika) dan mekanika kuantum, beserta perangkat-perangkat pendukungnya seperti kalkulus, fisika matematika dan fisika komputasi. 

Keilmuan tersebut memiliki keterkaitan dengan bidang sejenis S2 dan S3. Namun begitu pada tataran hilir tetap memperhatikan aspek-aspek terapan fisika yang akan berguna bagi para peserta didik ketika terjun ke masyarakat dan memasuki dunia kerja.

Hal tersebut termanifestasi dalam lima Kelompok Bidang Keahlian (KBK) yaitu Fisika Teori dan Material; Elektronika dan Instrumentasi; Fisika Medik; Komputasi dan Oseanografi; Geofisika dan Lingkungan . Pada area yang lebih luas, keilmuan dan keahlian tersebut juga berkait dan berkorelasi dengan bidang serumpun yaitu rumpun Sains Alam sebagaimana termaktub dalam Permendikbud Nomor 154 Tahun 2014 dan bidang aplikasinya dalam teknologi.

Lulusan Program Studi S1 Fisika harus pula mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di masa mendatang. Hal tersebut diyakini dapat tercapai dengan pemahaman yang mendalam, menyeluruh dan terpadu akan ilmu fisika, meliputi sains fisika itu
sendiri maupun teknologi terapannya.


Evaluasi kurikulum fisika secara berkala senantiasa dilakukan, karena perkembangan sains fisika beserta teknologinya berkembang begitu cepat. Untuk itu disiapkan sumber daya yang memadai baik tenaga dosen dengan kompetensi yang relevan maupun sarana-sarana pendukung seperti laboratorium baik untuk mendukung proses belajar mengajar maupun untuk penelitian.

So adik-adik yang saat ini sedang bimbang memilih prodi yang tepat untuk melanjutkan kuliah nanti, jangan ragu untuk memilih Program Studi Fisika FMIPA Unmul.