Profil Lulusan

Profil Lulusan merujuk pada gambaran peran atau karakteristik yang dapat diemban oleh lulusan dalam keahlian atau lingkup pekerjaan tertentu setelah menyelesaikan pendidikan mereka.

Hal ini mencakup Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) untuk Kurikulum 2019 dan 2022 yang mencakup aspek penguasaan pengetahuan, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan sikap yang diharapkan dapat diterapkan dalam konteks profesional atau kehidupan sehari-hari.

 

Mengacu pada naskah kurikulum Program Studi S1 Fisika Tahun 2022, profil lulusan adalah sebagai berikut:

Akademisi

Menjadi akademisi seperti calon guru profesional, calon dosen, studi lanjut yang bekerja pada lembaga pendidikan yang berperan dalam pengembangan keilmuwan bidang fisika dan mampu mengaplikasikannya dalam menghadapi permasalahan secara kreatif dan inovatif dalam konteks tugas keprofesionalan.

Peneliti

Menjadi peneliti pada lembaga/Instansi Negeri/Swasta yang mampu mengembangkan riset terkait bidang fisika yang relevan dengan bidang pekerjaanya.

Praktisi Industri

Karyawan pada Lembaga/Instansi Negeri/Swasta, , Perusahaan Swasta, Fisikawan Medis pada Rumah Sakit, Konsultan perusahaan yang mampu menunjukkan sikap profesional, bertanggung jawab, beretika, berjiwa entrepreneur, kreatif, antisipatif, adaptif, inisiatif dan kompeten dalam melakukan tugas di tempat kerja sehingga mampu bersaing di era industri 4.0 dan sosial 5.0.

Entrepreneur

Menjadi pengusaha yang mampu menunjukkan sikap profesional, bertanggung jawab, beretika, berjiwa entrepreneur, kreatif, antisipatif, adaptif, inisiatif dan kompeten dalam melakukan tugas di tempat kerja sehingga mampu bersaing di era industri 4.0 dan sosial 5.0.


Berdasarkan  naskah kurikulum Program Studi S1 Fisika Tahun 2019, profil lulusan adalah sebagai berikut:

Studi Lanjut

Keahlian ini membekali lulusan dengan kemampuan adaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru. Selain itu, lulusan ini diberdayakan untuk berkomunikasi dengan efektif, bekerja dalam tim, dan menjaga integritas dalam menjalankan eksperimen dan riset ilmiah bidang fisika. Dengan kualifikasi ini, mereka siap untuk melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi, mengejar program magister atau doktor.

Calon Dosen Fisika

Lulusan akan terlatih dalam menerapkan metode pengajaran inovatif, mendukung perkembangan akademis dan memiliki kemampuan untuk merancang dan melaksanakan penelitian ilmiah dengan integritas tinggi dan dedikasi terhadap pengembangan akademis sehingga mampu menjadi pendidik yang berkomitmen, berkolaborasi, dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di bidang fisika.

Guru Fisika

Berprofesi sebagai guru fisika yang memiliki pemahaman mendalam tentang konsep-konsep fisika dan kemampuan untuk menyampaikannya secara jelas kepada siswa. Profil lulusan ini mencakup keahlian dalam menyajikan materi fisika dengan pendekatan yang relevan dan aplikatif, sehingga siswa dapat mengaitkan teori dengan aplikasi di kehidupan sehari-hari. Dengan dedikasi terhadap pembelajaran dan keterampilan interpersonal yang baik, lulusan ini siap menjadi pendidik yang inspiratif dan berperan aktif dalam membentuk masa depan siswa melalui pendidikan fisika.

Asisten Peneliti Fisika

Lulusan memiliki landasan pengetahuan yang kokoh dan keahlian dalam melaksanakan penelitian ilmiah. Mereka memiliki kemampuan analisis yang tajam, mampu merancang dan melaksanakan eksperimen, serta dapat mengelola data dengan cermat. Profil lulusan ini mencakup dedikasi terhadap progres ilmiah, keahlian dalam memahami dan memecahkan tantangan penelitian, serta kemampuan berkolaborasi dengan tim penelitian. Dengan kecakapan komunikasi dan kemampuan adaptasi untuk berkontribusi dalam mengembangkan pengetahuan fisika melalui penelitian yang inovatif.

Pengelola Lembaga

Lulusan diharapkan memiliki dasar pengetahuan fisika yang kokoh, dipadukan dengan keterampilan dalam perencanaan, pengorganisasian, dan pengelolaan sumber daya yang mencakup kemampuan untuk membuat keputusan strategis, mengidentifikasi peluang pengembangan, dan menangani tantangan kompleks yang mungkin muncul dalam pengelolaan lembaga. Dengan komitmen terhadap efisiensi operasional dan pemahaman yang mendalam tentang visi dan misi lembaga, lulusan ini siap untuk menjalankan peran penting dalam mengelola lembaga dengan berbagai kebutuhan dan tujuan.

Pegawai Perusahaan

Lulusan ini mencakup kemampuan berkomunikasi dengan baik dan bekerja dalam tim, sehingga mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan perusahaan yang dinamis. Dengan kecakapan ini, lulusan program studi fisika dapat memberikan kontribusi berharga dalam menganalisis data, mengoptimalkan proses, dan menghadapi tantangan teknis yang mungkin muncul dalam konteks bisnis.

Pekerja medis

Profil lulusan ini juga mencakup keterampilan interpersonal, keterampilam melakukan pengujian, pengukuran dan kalibrasi peralatan dan pesawat radiasi serta mampu memprotksi radiasi ruangan serba nahaya radiasi dari instrumen fisika medik.

Analis Kebijakan

Lulusan Program Studi Fisika yang memilih jalur karir sebagai Analis Kebijakan berkontribusia dalam merumuskan kebijakan yang didasarkan pada data dan analisis ilmiah. kemampuan analitis, keahlian dalam pengolahan data, dan pemahaman yang mendalam tentang metode penelitian, Profil lulusan ini mampu menggabungkan analisis fisika dengan wawasan mendalam tentang isu-isu kebijakan kontemporer. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, mereka dapat menyampaikan temuan dan rekomendasi secara jelas kepada pemangku kebijakan, membantu dalam pengambilan keputusan.

Konsultan Geofisika dan Geologi

Lulusan Program Studi Fisika yang memilih jalur karir sebagai Konsultan Geofisika dan Geologi memiliki keahlian  dalam bidang eksplorasi geofisika, memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengintrpretasi data geofisika untuk mengidentifikasi sumber daya alam geologi suatu daerah. Profil lulusan ini mampu menyusun rekomendasi teknis yang berbasis pada data ilmiah untuk mendukung keputusan dalam pengembangan sumber daya alam atau mitigasi risiko geologis. Kemampuan komunikasi dan kerjasama yang baik juga menjadi keunggulan lulusan ini dalam bekerja sama dengan berbagai pihak terkait seperti tim peneliti, insinyur, dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan kombinasi pengetahuan fisika dan geofisika, mereka menjadi konsultan yang sangat dibutuhkan dalam industri geologi dan sumber daya alam.