Webinar Fisika Series 01 : Improving Your Scientific Writing Skill

Easy Way to Writing Manuscript and Analysis Data for Boosting the International Publication

Ditulis oleh: Ahmad Zarkasi & Rahmawati Munir

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Salam sejahtera untuk kita semua.

Alhamdulillah, Jurusan Fisika (Program Studi Fisika dan Program Studi Geofisika) Fakultas MIPA Universitas Mulawarman telah mengadakan Webinar Fisika Series 01 . Tema kali ini terkait kiat-kiat penulisan jurnal publikasi internasional. Sebagai salah satu bagian pokok dari Tridharma Perguruan Tinggi, penelitian menjadi hal yang sangat krusial untuk terus dikembangkan dari segala aspek. Hasil penelitian tersebut selanjutnya perlu dipublikasikan dalam bentuk artikel ilmiah agar memenuhi azas kebermanfaatan baik bagi dosen, peneliti, mahasiswa maupun masyarakat secara luas.

Publikasi ilmiah merupakan bentuk kontribusi para peneliti berdasarkan bidang kajian masing-masing. Namun demikian, publikasi ilmiah nyatanya menjadi salah satu tantangan terbesar bagi peneliti, terutama untuk dapat terbit di jurnal internasional.

Menyadari hal itu, Program Studi Fisika Fakultas MIPA, Universitas Mulawarman menyelenggarakan kegiatan Webinar Series 01 “Easy Way in Writing Manuscript and Analysis Data for Boosting the International Publication”. Acara ini diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 31 Maret 2021, secara online melalui aplikasi ZOOM.

Webinar Series 01 Fisika FMIPA UNMUL

Dalam sambutannya, Bapak Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si selaku Dekan Fakultas MIPA Universitas Mulawarman, menyampaikan bahwa pihak Fakultas akan menyediakan dana sebagai bentuk support terhadap kegiatan publikasi di lingkungan Fakultas MIPA. Launching pendanaan itu sendiri akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Dengan adanya support berupa pendanaan dan juga tersedianya sebuah fasilitas baru berupa gedung Science Learning Center (SLC), diharapkan mampu memotivasi para dosen maupun mahasiswa untuk menghasilkan riset dan publikasi ilmiah yang dapat terbit di jurnal internasional.

TIPS-TIPS MENULIS MANUSKRIP

Acara Webinar Fisika Series 01 ini dihadiri oleh berbagai kalangan dari berbagai penjuru di Indonesia. Dalam webinar ini, panitia mengundang Prof. Dahlang Tahir, M.Si yang merupakan Guru Besar di Jurusan Fisika Universitas Hasanuddin sebagai narumber. Pemaparan materi sendiri dipandu oleh Ibu Dr. Rahmawati Munir, M.Si yang juga merupakan Koordinator Program Studi Fisika Fakultas MIPA Universitas Mulawarman.

Dalam penyampaian materinya, narasumber berbagi berbagai tips dan trik menulis artikel ilmiah agar dapat lebih mudah diterima di jurnal internasional. Beberapa tips dan trik yang beliau paparkan adalah sebagai berikut:

  • Perlunya untuk memperbanyak bahan bacaan/ literatur terutama dari jurnal-jurnal yang sudah terindeks scopus.
  • Selain itu, penulis juga perlu untuk menonjolkan selling point (nilai jual) dari artikel yang disubmit agar mendapat perhatian dari para reviewer. Hal ini tentu menjadi pertimbangan apakah artikel yang disubmit tersebut diterima (accepted) atau tidak.
  • Selain tips dan trik tersebut, masih banyak lagi strategi yang beliau bagikan, baik pada sesi penyampaian materi maupun pada sesi diskusi dan tanya jawab.

Satu pertanyaan menarik dari moderator terkait tips bagaimana memulai membangun tim riset (oleh Ibu Dr. Rahmawati Munir) yang kebetulan baru pulang menyelesaikan studi doktoral. Prof. Dahlang Tahir memberikan saran agar memulai saja dulu dengan mengusulkan pendanaan hibah internal kemudian membuka peluang bagi mahasiswa yang memiliki minat di bidang keahlian kita untuk bergabung. Nah, jika sudah ada support terutama dalam hal pendanaan riset maka penelitian bisa berjalan dengan baik.

Kegiatan Webinar Fisika Series 01 sangat menarik untuk disimak secara menyeluruh, mengingat banyak contoh jurnal publikasi yang menurut beliau sederhana akan tetapi dapat dilaporkan semenarik mungkin sehingga dapat diterima di jurnal Q1.

So, jangan ragu-ragu untuk menyimaknya melalui Channel Youtube Fisika FMipa Unmul

https://bit.ly/webinarfisika_seris01

Para pembaca yang budiman, demikian ringkasan kegiatan Webinar Fisika Series 01, terimakasih telah berkunjung di website kami. Semoga bermanfaat…

Wassalam,

Prodi Fisika FMipa Unmul